Jelajah
Pelayanan Kantor Balai Desa dilaksanakan di Gedung Sanggar Seni Desa Girimulyo
IMG-LOGO
Berita Utama

WASPADA BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Create By Siti Nuranisah 09 February 2022 26 Views
IMG
(Girimulyo 08/02/2022) - Berdasarkan data yang diperoleh bullying banyak terjadi di lingkungan sekolah tak terkecuali pada lingkungan sekolah dasar. Bullying (dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai ‚Äúpenindasan/risak‚ÄĚ) merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Bullying bisa berdampak buruk bagi korban, dampak yang dapat dirasakan diantaranya adalah 1) membenci diri sendiri. 2) hilangnya semangat dalam menjalani kehidupan. 3) ketakutan yang mendalam. 4) trauma ringan maupun akut. Bahkan pada titik tertinggi bullying dapat menyebabkan seseorang mengakhiri kehidupannya (bunuh diri) dan hal ini sering kali terjadi bagi korban bullying.

Saat ini bahkan sejak dahulu peristiwa perundungan atau yang biasa dikenal dengan kata "bullying" acap kali terjadi dimanapun, tak terkecuali di lingkungan sekolah. Hal ini cukup menjadi perhatian mengingat betapa bahayanya hal tersebut. Maka dari itu, pada tanggal 8 Februari 2022 Kelompok 8 KKN PPM UMBY Angkatan 40 mengadakan sosialiasi terkait bullying di SDN Girimulyo yang terletak di Dusun Kuadaan 2, Desa Girimulyo, Kecamaran Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para siswa/i mengenai apa itu bullying, dampaknya, serta bagaimana menyikapi bullying dilingkungan sekolah.
Hal ini disambut baik oleh pihak sekolah serta para siswa di SD Girimulyo, mengingat partisipasi yang cukup baik dari kedua belah pihak. Sosialisasi ini juga diharapkan dapat mengurangi adanya potensi bullying yang terjadi di SD Girimulyo baik dari dalam maupun luar lingkungan sekolah.